Akhirnya Aku Pindah Jurusan

Sudah menjadi tradisi rasanya jika kuliah di kampus ini yang namanya liburan hanyalah mitos belaka. Iya sih, di kalender akademik tersirat liburan lamanya lebih dari satu bulan. Tapi ini belum genap 2 minggu di rumah, aku harus balik lagi ke Surabaya.

Disamping untuk ngurus ini itu, alasan utama aku balik adalah bimbingan TOEFL yang wajib diikuti sama mahasiswa bidikmisi. Dilaksanakan oleh UPT Bahasa kampus, sebenarnya sih bimbingannya bukan TOEFL beneran, melainkan TOEFL-like yang biasanya cuma buat syarat kelulusan. Soal-soalnya sendiri tentunya sudah sedikit dimodifikasi.

Bimbingan TOEFL ini berlangsung sekitar seminggu, dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 12.15 tiap harinya(kecuali hari libur).  Di hari pertama peserta menjalani preTest untuk mengukur kemampuan TOEFL sebelum bimbingan. Agak kikuk karena ini pertama kalinya aku ikut tes TOEFL di kampus, tesnya ternyata tidak menggunakan kertas melainkan web based secara online. Sayang, skor akhir diset tidak ditampilkan oleh admin sehingga peserta nggak bisa lihat skor secara langsung setelah test.

6 hari berikutnya peserta digembleng secara intensif materi-materi TOEFL mulai dari LISTENING, STRUCTURE hingga READING. Kesulitan tertinggi tentunya di LISTENING mengingat aku yang nggak biasa denger native speaker ngomong cepet. Pada bagian STRUCTURE di beberapa bab aku lumayan bisa namun di bab lainnya banyak juga yang fail. Untuk READING tinggal kuat-kuat iman aja biar nggak ngantuk pas baca teks bacaan yang kayak koran.

Di akhir bimbingan diadakan postTest. Bad news-nya setelah ikut bimbingan TOEFL ini bukannya tambah pede ngerjain soal, malah aku tambah nggak yakin dengan jawaban-jawabanku. Entah itu karena soalnya yang tambah sulit, entah bimbingannya yg gak efektif atau mungkin aku sendiri yang memang nggak concern penuh sama bimbingan.

Walaupun begitu, sebenarnya beruntung banget bagiku bisa ikut bimbingan bahasa Inggris kayak gini. Sejenak bisa melupakan kuliah-kuliah IT yang kebanyakan isinya kode-kode dan algoritma. Bisa kuliah santai, jam 12.15 udah bisa pulang dan gak banyak lembur karena kebanyakan laporan atau tugas. Sesaat bisa merasakan pindah jurusan jadi mahasiswa jurusan Bahasa Inggris*

*) no offense, mahasiswa jurusan bahasa inggris aku yakin tugasnya juga berat-berat kok, he he he :)