Susahnya Menjadi ABNEGATION

Gara-gara kemarin dipaksa ikut nonton Insurgent. Jadi ketagihan franchise novel ini. Tentu saja yang membuat addict adalah sistem 5 faksinya.
Amity dengan kemurahan hatinya, Dauntless dengan keberaniannya, Abnegation dengan kepeduliannya terhadap orang lain, Erudite dengan kejeniusannya dan Candor dengan kejujurannya.

Satu faksi yang paling menarik menurutku adalah ABENGATION. Yup, faksi yang menjadi faksi asal dari pemain utama dalam serial Divergent, Tris Prior sebelum memutuskan untuk berubah berhaluan menjadi Dauntless. Faksi yang secara sistem didapuk menjadi pelayan masyarakat(Pemerintah).

Tris Prior di Abnegation (popsugar.com)
Terus kenapa kok menarik?

Rasanya orang yang memiliki sifat seperti ABNEGATION kok semakin jarang ya di dunia ini. Populasinya juga semakin dikit. Iya sih, aku akui orang yang suka ngebantu orang lain itu banyak. Orang yang melakukan berbagai hal demi orang lain juga nggak kalah banyak.

Lambang Abnegation - The Selfless
(wikia.com)

Tapi yang rela ngebantu dengan ikhlas tanpa ada udang di balik bantu, tanpa ada maksud untuk mencari perhatian dan pembuktian, atau maksud lain yang menguntungkan diri sendirinya aku rasa sedikit.

ABNEGATION melayani orang lain tanpa mengharapkan sesuatu sedikitpun kembali kepadanya. Tanpa pamrih-lah istilahnya. Mereka juga lebih mementingkan orang lain daripada dirinya.

Mereka lebih merasakan kebutuhan orang lain daripada dirinya sendiri. Ngaca kelamaan aja gak boleh karena bisa menyebabkan sifat membanggakan diri. Makan juga nggak boleh yang mewah-mewah takut yang lain nggak kebagian. Dan sekali lagi, itu semua mereka lakukan bukan karena ada apanya!

Jadi orang yang kelihatan baik? Mudah
Jadi orang jenius yang keren dengan segala hal? Tinggal rajin belajar sambil kuliah sampai S4
Jadi orang jujur? Ya, ngomong aja yg sebenarnya
Jadi orang yang penuh dengan keberanian? Tinggal latihan militer atau minum apa sana

Tapi jadi orang yang benar-benar kayak ABNEGATION? Sulit sekali tentunya karena sudah bawaan lahir bahwa tiap orang dia ingin dihargai, dipandang hebat dan dipuji atas apa yang telah ia perbuat.

Rumah para Abnegation (iamdivergentdotcom)
Mungkin, sekarang sudah saatnya kita belajar banyak dari sifat si Abnegation ini.