Jalan-jalan ke Solo dengan Kereta Prambanan Ekspres(Prameks)

Mumpung di Jogja, saya dan teman-teman sejak awal memang berencana ingin jalan-jalan ke Solo(Surakarta) pas akhir pekan. Berbekal pengalaman saya yang pas pulang ke Ponorogo kemarin berhasil naik kereta Prambanan Ekspress(Prameks), saya pun mantap menyarankan ke teman-teman kalau ke Solo-nya naik kereta komuter itu saja.

Karena saya masih bener-bener buta dengan kota asal Jokowi ini, sebelum kesana saya nyoba nyari referensi sebanyak-banyaknya mulai dari tempat wisata, peta hingga rute busnya. Akhirnya ketemu deh rute agenda jalan-jalan yang paling memungkinkan buat kami.
  1. Dari Stasiun Tugu Jogja berangkat dengan kereta Prameks yang jam 07.35 sehingga nanti bisa sampai di Stasiun Purwosari sekitar pukul 09.00-an lebih.
  2. Nah selanjutnya, agenda pertama yang membuat saya pengen sekali ke Kota Solo yaitu naik KA Perintis Batara Kresna Solo-Wonogiri yang unik itu karena track-nya yang lewat jalan aspal di tengah kota. Keretanya sendiri berangkat dari stasiun Purwosari jam 10.00, nanti dengan naik kereta ini kami berencana turun di stasiun Solo Kota
  3. Dari Stasiun SoloKota jalan ke area pusat kota Solo di sekitaran benteng Vastenburg, PGS terus ke Pasar Klewer dan Keraton.
  4. Naik bus Batik Solo Trans yang lewat jalan Veteran buat makan siang di Selat Solo Mbak Lies
  5. Kembali ke Stasiun dengan Bus lagi, terus balik deh ke Jogja.
Rencana kasaran(belum final)
Nah pas hari H, saya kebagian tugas pesen tiket Prameks karena ya memang saya satu-satunya yang pengalaman naik kereta ini. Tiket kereta Prameks hanya bisa dibeli 3 jam sebelum keberangkatan jadi ya pesannya harus dihari itu juga atau istilahnya go-show. Saya ke Stasiun Tugu Jogja sekitar pukul 07.00 kurang. Sampai disana eh ternyata tiket kereta yang berangkat pukul 07.35 udah ludes. Karena sudah terlanjur antre, saya akhirnya tetap beli tiketnya namun yang jadwal berangkatnya lebih siang yaitu pukul 09.10.

Kalau berangkat pukul 09.10 berarti tiba di Stasiun Purwosari Solo bisa lebih dari jam 10.00. Bubar sudah rencana jalan-jala yang udah saya susun dengan susah payah diatas, terutama yang paling saya pengenin yaitu naik KA Batara Kresna-nya. Saya udah gak terlalu bersemangat lagi dengan jalan-jalan ini. Tapi gara-gara gak pengen ngecewain temen-temen yang sepertinya sangat antusias dengan acara jalan-jalan ini, saya paksain deh tetep ke Solo. Sembari menunggu kereta yang berangkat 2 jam lagi, saya sarapan dulu di angkringan deket perlintasan KA deket ujung jalan Malioboro.

Satu jam sebelum berangkat, aku dan teman-teman yang baru aja datang langsung masuk nunggu di dalem stasiun. Karena masih lama berangkatnya, kami nunggu di area tunggu Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang letaknya di sebelah utara. Walaupun gak terlalu luas, bagian ruang tunggu tersebut cukup unik karena bernuansa Jawa dengan atap Joglo lengkap dengan lampu hias dan kursi kayunya.

Sebelum waktu yang tertera di tiket, kereta sudah datang. Penumpang yang udah ngantre di peron 1 Stasiun Tugu pun langsung berbondong-bondong masuk ke dalam kereta. Untungnya saya dan teman-teman masih dapat tempat duduk. Kereta ini walaupun masih di stasiun pertama tapi kondisinya sudah hampir penuh, mungkin memang karena akhir pekan.

Kereta Api Prambanan Ekspress Yogyakarta - Solo
(Foto diambil pas datang ke Jogja pertama kali)

Tiba di Stasiun Lempuyangan,ternyata jumlah penumpang yang naik dari stasiun ini juga tidak kalah banyak, alhasil di kereta pun desak-desakan macam rush hour komuter line Jabodetabek. Sesaknya kereta bertambah ketika kereta menaikkan penumpang di Stasiun Maguwo. Selanjutnya kereta Prameks ini melaju ke arah Solo dan hanya berhenti sekali di Stasiun Klaten sebelum nyampe Solo.

Setelah menempuh sekitar  perjalanan 1,5 jam, kereta akhirnya tiba di Stasiun Purwosari. Sebagian besar penumpang tujuan Solo turun disini, mungkin karena stasiun Purwosari ini letaknya memang lebih strategis daripada stasiun Solo Balapan. Saya dan teman-teman pun ikut turun. Sebenarnya saya bingung setelah turun disini mau kemana, harusnya sih naik KA Batara Kresna ke area Solo Kota dulu, tapi kan keretanya udah terlanjur berangkat sejak tadi.

Setelah putar-putar otak, akhirnya ketemu juga deh mau kemana. Gimana kalau dibalik saja agendanya. Jadi saya dan teman-teman ke Selat Solo Mbak Lies dulu. Kan juga udah waktunya makan siang bentar lagi. Berarti sekarang masalah tinggal nyari rute bus yang ke arah tempat makan itu.

SELANJUTNYA : Mencoba Bus Batik Solo Trans