Taman Remaja Surabaya yang Terlupakan

Jika kamu warga Surabaya asli, kamu pasti tahu dan pernah berkunjung ke Taman Remaja Surabaya(TRS). Atau jika kamu merupakan pendatang seperti saya, setidaknya pasti pernah melihat gerbang dari taman hiburan ini sewaktu belanja gadget atau laptop di Hi-Tech Mall. Yup, Taman Remaja Surabaya merupakan salah satu tempat hiburan legendaris di Surabaya. Pada masanya tempat ini sangat populer dan selalu ramai dikunjungi. Sayangnya, dari berita yang banyak beredar, kondisinya kini memprihatinkan, bahkan oleh Pemkot Surabaya sudah direncanakan untuk ditutup.

Nah, kemarin saya berkesempatan mengunjungi Taman Remaja Surabaya dalam rangka salah satu kegiatan organisasi di kampus. Lokasinya yang terletak strategis di tengah kota membuat TRS sangat mudah diakses. Dari stasiun kereta api Surabaya Gubeng misalnya, jaraknya tidak sampai 1.5 km. Jika siang hari, jalan Kusuma Bangsa yang merupakan jalan dimana tempat ini berada bahkan dilewati oleh bus kota. Taman Remaja Surabaya ini buka tiap hari dimulai sekitar sore hari pukul 15.00 dan tutup pada pukul 21.30, jika weekend atau pas hari libur biasanya buka lebih awal.

Murah Meriah tapi Sepi

Saya tiba di taman hiburan ini sekitar pukul 19.00. Dari parkiran yang ada, hanya ada beberapa baris sepeda motor dan mobil pengunjung yang terparkir. Suasananya benar-benar sepi, mungkin karena saya  datang pas weekday. Banner besar terpampang di sisi parkiran menunjukkan even-even terdekat yang kebanyakan didominasi oleh orkes dangdut. Saya lihat, tidak ada even malam ini, pantas saja suasananya benar-benar sepi.

Loket tiket hanya dijaga oleh satu orang petugas. Tak perlu antre, saya menyerahkan uang 15 ribu rupiah untuk tiket biasa atau non-terusan. Untuk tiket terusan sendiri dibanderol seharga 50 ribu rupiah. Harga yang benar-benar murah untuk tempat hiburan di kota besar seperti Surabaya ini. Dari even yang ada dan juga harga tiket masuk yang sangat murah, bisa diketahui bahwasannya taman hiburan ini targetnya kalangan menengah ke bawah.

Wahana Permainan Bervariatif namun Kondisi Mengenaskan Kurang Terawat

Walaupun tak terlalu luas, di taman hiburan ini ternyata cukup banyak wahana permainanannya. Ada roller coaster, arena perahu, rumah hantu, boom-boom car, kuda-kudaan dan arena bermain seperti halnya taman hiburan lainnya.

Salah satu wahana permainan di Taman Remaja Surabaya.
Lampu-lampu dari tiap arena permainan di taman hiburan ini benar-benar sparkling seakan tak peduli tagihan listrik yang dibebankan.

Lampu-lampu di Taman Remaja Surabaya benar-benar sparkling.

Yang paling menarik adalah adanya kereta monorel yang lintasannya mengelilingi seluruh taman. Keretanya pun lucu berbentuk seperti ulat bewarna hijau.

Monorel di Taman Remaja Surabaya

Sesekali satu dua anak kecil masuk ke salah satu arena permainan tersebut. Decit mesin tua tidak bisa membohongi umur arena permainan disini yang sudah puluhan tahun. Bahkan sesekali, dari mesin-mesin arena permainan tersebut keluar percikan api.

Terdapat arena perahu-perahuan dengan jalur memutar kolam kecil.

Arena perahu-perahu-an di Taman Remaja Surabaya.
Ironinya di kolam tersebut terdapat kura-kura yang bisa saja terlindas perahu-perahu yang
berjalan.

Kura-kura di Taman Remaja Surabaya.
Saya sendiri sempat mencoba arena boom-boom car bersama teman-teman saya dengan membayar biaya tambahan sebesar 10 ribu per orang karena saya tidak menggunakanan tiket terusan. Beberapa mobil kondisinya memprihatinkan karena kursinya banyak yang rusak. Ketika mobil berjalan sebenarnya masih bisa berjalan dengan mulus namun kawat yang menghubungkan mobil dengan aliran listrik ke atas cukup membuat saya was-was karena muncul percikan-percikan api lagi.

Tidak Cuma ada Wahana Permainan

Walaupun tak ada event, sepertinya hampir tiap hari di TRS rutin ada perform band-band amatiran SMP/SMA. Panggung konser yang ada cukup besar sayangnya penontonnya benar-benar minim bahkan bisa dibilang cuma dari teman-teman band yang manggung tersebut. Sedikit kasihan juga bagi mereka karena tidak ada yang melihat performnya.

Selain wahana permainan di bagian tengah juga terdapat arena permainan tradisonal yang menyediakan permainan lompat petak dan juga congklak. Tali karet pun disediakan bagi yang ingin bermain lompat tali. Saya dan teman-teman pun tertarik untuk main-main disini karena permainan seperti ini mengingatkan masa kecil kami yang tentu saja sudah berbeda dengan masa kecil anak-anak  zaman sekarang yang sejak kecil sudah tahu gadget.

Kembalikan Masa Kejayaaanya

Sebenarnya Taman Remaja Surabaya ini merupakan tempat hiburan yang murah dan sangat bagus khususnya bagi anak-anak. Namun karena kondisinya yang memprihatinkan, atas dasar keselamatan saya setuju ide Pemkot untuk ditutup. Namun ditutup bukan untuk ditutup selamanya, tapi untuk diperbaiki dan diperbarui dengan konsep yang baru sehingga pengunjung yang datangpun akan kembali ramai seperti sedia kala.