Perpustakaan-Perpustakaan Umum di Kota Surabaya

Sebelumnya saya sudah pernah menulis ulasan tentang Perpustakaan Daerah Surabaya (Perpusda) milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang bertempat di Jalan Menur. Karena sepertinya banyak teman-teman yang mencari-cari informasi tentang perpustakaan yang ada di Surabaya, kali ini saya akan mencoba menyebutkan beberapa perpustaan-perpustakaan umum yang saya rasa cukup terkenal di Kota Pahlawan ini.

Bagi orang yang suka ketenangan, perpustakaan memang tempat yang sempurna buat nongkrong. Apalagi ditambah dengan hamparan buku-buku yang tak ada habisnya untuk dibaca. Tak hanya itu, dari pengamatan saya justru semakin kesini niat orang ke perpustakaan tidak terbatas untuk membaca, melainkan lebih banyak untuk tempat untuk mengerjakan tugas atau mencari WiFi.


Kota Surabaya sendiri walaupun tidak terlalu kental sebagai kota pendidikan ternyata juga memiliki perpustakaan-perpustakaan yang menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa perpustakaan di Kota Surabaya yang saya ketahui:

Perpusda Jawa Timur (Bapersip) Surabaya

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Jawa Timur - Perpusda Jatim Surabaya
Seperti yang sudah saya ulas sebelumnya, perpustakaan umum milik Pemprov Jatim ini adalah perpustakaan umum di Kota Surabaya yang saya rasa paling nyaman dikunjungi oleh pengunjung umum. Walaupun tidak seluas Grhatama Pustaka milik Pemprov Jogja, koleksinya lumayan lengkap dan fasilitasnya pun memadai. Meja + colokan listrik + WiFi adalah kombinasi pas yang membuat banyak orang selalu betah berlama-lama di perpustakaan ini.

Tak hanya warga Surabaya, pendatang dari luar Surabaya pun dapat membuat kartu keanggotaan disini dengan melampirkan surat dari kampus / kantor di Surabaya. Lokasinya yang berada di Jalan Menur dekat dengan kampus-kampus ternama seperti ITS, UNAIR, ITATS, UNITOMO, UNTAG, STESIA dan PERBANAS sehingga membuat perpustakaan ini selalu ramai setiap hainya.

Perpustakaan Umum Kota Surabaya

Jujur saya belum pernah ke perpustakaan ini sebelumnya. Namun dari cerita teman-teman saya yang sudah berkunjung ke perpustakaan ini serta beberapa artikel yang saya baca, secara konsep perpustaakan umum milik Pemkot Surabaya ini lebih menarik daripada Perpusda Jatim.

Lokasi perpustakaan ini sendiri sangat strategis, berada di tengah kota tepatnya di Kawasan Balai Pemuda. Menurut teman saya yang beberapa tahun lalu ke perpustakaan ini, banyak buku-buku yang menarik di perpustakaan ini, sayangnya hanya warga KTP Surabaya saja yang bisa menjadi anggota dan meminjam buku di sini (CMIIW).

Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya

Perpustakaan Bank Indonesia Kota Surabaya
Pics : Inilah Surabaya!

Saya pernah di ajak ke perpustakaan ini namun sayangnya hingga saat ini saya belum sempat juga ke main ke perpustakaan yang terletak di Jalan Darmo ini (Jalan Mayangkara tepatnya). Sesuai namanya, perpustakaan ini kebanyakan menyimpan buku-buku tentang ekonomi, perbankan dan moneter.

Perpustakaan BI Surabaya merupakan bangunan bersejarah yang sudah ditetapkan cagar budaya. Bangunan perpustaakan ini bercorak artdeco peninggalan Belanda dan dikelilingi oleh pepohonan yang asri.  Cocok jika mau foto-foto sambil sembari belajar ilmu ekonomi di sini.

Perpustakaan Kampus-Kampus

Walaupun dimiliki oleh kampus, setahu saya perpustakaan kampus-kampus ternama terutama yang berstatus negeri di Surabaya terbuka untuk umum.  Yang paling terkenal tentunya perpustakaan milik Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Gedung Perpustakaan ITS sendiri terdiri dari 5 lantai, jadi bisa dibilang gedung perpustakaan ini merupakan gedung perpustakaan terbesar di Surabaya.

Selain milik ITS, perpustakaan milik kampus UNAIR dan UNESA juga termasuk perpustakaan yang tergolong besar dan cukup lengkap.

Itulah perpustakaan-perpustakaan umum di Kota Surabaya yang sejauh ini saya ketaui. Bagaimana? Apakah ada yang terlewatkan?