Tips Cara Mencari Kos yang Bagus di Jakarta (Pengalaman)

Sebagai orang perantauan tanpa sanak saudara, mencari kos memang merupakan salah satu hal wajib yang biasanya dilakukan ketika pertama kali memutuskan menetap di tempat baru. Mencari kos khususnya yang menawarkan harga, lokasi, kondisi dan faslitas yang bagus menurut saya memang bukan perkara yang mudah. Terlebih mencari kos di Kota Jakarta yang semrawut dan apa-apa serba mahal.



Saya sendiri mengalami hal ini ketika awal bulan lalu tiba-tiba saya mendapatkan panggilan kerja di Jakarta Pusat(Alhamdulillah, walaupun sementara). Karena waktunya mepet, saya tidak sempat mempersiapkan apapun termasuk memikirkan dimana nantinya saya akan tinggal atau kos. Untunglah,ada teman saya di Jakarta Selatan dan untuk sementara waktu saya bisa nebeng di sana.

Namun, karena lokasi kos teman saya tersebut berada di Jakarta Selatan, alhasil setiap hari saya harus melakukan perjalanan panjang PP ke Jakarta Pusat dimana macetnya ibu kota tiap pagi dan sore sangatlah amazing. Agar penderitaan saya tidak tambah panjang dan juga nggak enak kalau nebeng terus, mau tidak mau saya harus mencari kos sendiri yang lebih dekat di Jakarta Pusat. Sayangnya saya tidak ada referensi siapapun di daerah Jakarta Pusat ini.

Proses saya mencari kos di Jakarta Pusat ini bisa saya bilang tidak mudah. Hampir satu minggu saya berjalan kesana-kemari dengan penuh pengorbanan hingga akhirnya saya menemukan kos yang cocok di hati dan pastinya secara harga juga pas.

Menentukan Budget

Dari hasil penemuan saya,  di daerah Jakarta Pusat rata-rata harga kos yang paling murah adalah sekitar Rp800.000 per bulan. Tentu saja, untuk kos dengan harga demikian fasilitasnya kurang dan luasnya pun sangat sempit. Saya menemukan kos dengan harga minimal tersebut degan ukuran hanya cukup untuk 1 kasur single + lemari kecil. Untuk ventilasi udarapun hanya tersedia kecil mengarah ke lorong bangunan.

Sementara untuk kost yang berAC, biasanya harganya mulai dari Rp1.500.000 per bulan. Jika budget Anda terbatas, saya menyarankan untuk mencari kamar non AC saja karena untuk kost AC jika listrik masih bayar lagi akan memakan biaya yang lebih banyak.  Untuk kamar non-AC yang layak, harga wajarnya berkisar antara Rp1.000.000 – Rp1.200.000 per bulan.

Sebaiknya Anda menentukan budget dahulu sebelum mencari kos. Menentukan budget ini penting karena akan mempermudah Anda untuk mensortir pilihan kost nantinya sekaligus membandingkannya dengan yang lain pada level harga yang sama.


Menentukan Lokasi

Mengingat traffic di Jakarta yang nyaris selalu macet, mencari kost yang dekat dengan lokasi kerja memang menjadi pilihan utama. Walaupun demikian, sering kali opsi kos dekat dengan kerja ini terbatas.

Jika Anda sudah mencari kos yang dekat namun belum menemukan yang cocok dan terpaksa kos agak jauh dari lokasi kerja, usahakan memilih kos yang dekat dengan akses kendaraan umum seperti halte busway Transjakarta atau stasiun KRL. Dengan kos dekat akses kendaraan umum, akan menghemat pengeluaran harian dan memudahkan akses kemana-mana.

Jika tidak ada akses kendaraan umum, coba cek pada aplikasi ojek online. Setidaknya jika memesan ojek online, jarak dari kos ke tempat kerja masih dalam tarif minimum (biasanya 5 km).




Tipsnya, cari kos dari segala penjuru arah dan jangan terpaku pada satu tempat saja untuk menemukan kos terbaik. Jika Anda mencari kos untuk di Jakarta Pusat seperti saya, coba juga mencari kos di perbatasan Jakarta Pusat dengan Jakarta Barat atau Utara mengingat lokasi ini sebenarnya juga tidak terlalu jauh dari pusat.

Mencari dengan Aplikasi

Setelah menentukan budget dan perkiraan lokasi, saya mencari kos dengan mengandalkan beberapa aplikasi/website pencari kos karena tidak ada referensi teman. Pertama, saya menggunakan aplikasi mamikos namun karena banyak kos yang saya temui belum cocok saya mencoba aplikasi infokost. Keduanya cukup bagus, dan informasi yang disediakan juga lengkap namun terkadang memang ada kost yang tidak terindeks di database keduanya.

 
Website Mamikos

Website infokost.id
Tentunya saya tidak mau membeli kucing di dalam karung sehingga saya menyambangi sendiri kos yang sekiranya bagus satu-satu. Terkadang gambar atau foto yang ada pada website/aplikasi tersebut bisa jadi tidak seperti yang ada pada kondisi sebenarnya.

Jadi strateginya, tiap pagi sewaktu berangkat naik busway atau pas senggang kerja saya akan menentukan target operasi pada lokasi tertentu hari itu kemudian mendata kost-kost yang akan saya kunjungi nanti sepulang kerja. Saya kontak pemiliknya apakah masih tersedia dan harganya berapa. Jika sekiranya ada yang menarik, saya minta waktu untuk melihat. Jika pas dikunjungi tidak yakin, bilang saja nanti jika jadi akan dihubungi kembali.

Saya sendiri akhirnya mendapatkan kost yang cocok untuk saya dari aplikasi infokost. Lokasinya tidak terlalu jauh, sekitar 3 km saja dari tempat kerja, dekat dengan halte busway dan mudah diakses dari mana saja. Kondisi ruangannya pun cukup luas, sangat bersih dan masih sangat bagus. Dan yang terpenting bagi saya adalah adanya jendela besar yang mengarah ke luar bangunan. Selain itu tersedia juga fasilitas WiFi. Harga atau tarifnya Rp1.050.000 per bulan untuk nonAC belum termasuk listrik. Menurut saya, secara harga dan apa yang didapat lumayan pantas.

Oke, itu pengalaman saya mencari kos di Jakarta. Semoga bermanfaat.