Masjid Nurul Iman Blok M, Masjid Tersembunyi di Atas Mall

Berbicara mengenai masjid di Jakarta, pasti yang paling terkenal dan selalu terlintas pertama adalah Masjid Istiqlal yang sering disorot ketika saat Salat Ied. Selain Masjid Istiqlal, Jakarta - sebagai ibu kota negara mayoritas muslim terbesar di dunia sebenarnya memiliki banyak masjid yang unik dan nyaman. Salah satu yang saya secara tidak sengaja saya temui dan saya langsung merasa jatuh cinta nyaman adalah Masjid Nurul Iman yang terletak di atas Mall Blok M (lantai 7).




Masjid Tersembunyi

Mungkin banyak orang termasuk warga muslim Jakarta yang belum mengetahui di mana tepatnya Masjid Nurul Iman ini. Saya sendiri secara tidak sengaja menemukan masjid ini ketika suatu sore janjian sama teman untuk bertemu di Mall Blok M. Saat itu saya belum sempat menunaikan salat. Akhirnya saya bertanya ke Pak Satpam yang berjaga di pintu masuk, di mana letak mushola mall terdekat untuk menunaikan salat. Namun, Pak Satpam tadi malah menyarankan saya untuk ke masjid yang terletak di atas.

Sayapun penasaran dengan “masjid” tersebut, “seberapa besar sih tempat salat di mall hingga disebut masjid?”  Akhirnya dengan menaiki lift saya naik ke lantai atas hingga lantai 5. Dari lantai 5 saya naik eskalator ke lantai 6. Di lantai 6 ini, saya menemukan petunjuk arah menuju masjid yang bernama Masjid Nurul Iman ke area parkir. Ternyata, di area parkir yang sedikit gelap ini terdapat tangga lagi yang menuju ke area masjid.

Masjid Luas dan Unik

Setelah naik tangga sesuai petunjuk dan masuk ke area masjid, saya langsung terkesima karena baru tahu ternyata di rooftop Mall Blok M terdapat masjid seluas ini. Benar-benar luas bahkan dari beberapa poster yang terpampang di beberapa sudut Masjid Nurul Iman ini konon bisa menampung hingga 3000 jamaah.

Hal yang membuat unik masjid ini selain terletak di atas mall adalah adanya replika Kakbah di depan masjid. Replika Kakbah ini sepertinya dimanfaatkan untuk keperluan Manasik Haji. Area dalam masjid untuk salat juga luas dan lebar. Interiornya pun bagus dan tidak berlebihan. Seluruh lantai di dalam masjid sudah diberi karpet sehingga sangat nyaman untuk salat.

Fasilitas Lengkap

Selain fasilitas Manasik Haji, Masjid Nurul Iman Blok M juga menyediakan beberapa fasilitas seperti halnya masjid besar pada umumnya seperti penitipan barang, tempat wudhu dan toilet. Toiletnya bahkan dilengkapi shower sehingga barangkali suatu saat jika memang perlu dan terpaksa Anda bisa mandi di sini. Tempat wudhu dan toiletnya pun bersih dan terawat.

Dari beberapa info yang saya baca, di masjid ini juga sering diadakan kajian-kajian rutin.

Lokasi Strategis

Walaupun sedikit tersembunyi, saya rasa Masjid Nurul Iman ini lokasinya sebenarnya sangat strategis. Berada di pusat perbelanjaan Blok M yang notabene adalah salah satu yang terbesar di Jakarta sehingga sangat mudah diakses dari mana-mana.

Menimbang lokasinya yang mudah dijangkau dan juga kenyamanan fasilitas dari masjid ini, sepertinya saya akan menjadikan masjid ini sebagai masjid pilihan utama bilamana ada keperluan di Jakarta, khususnya di daerah Blok M.