Flip, Cara Transfer Uang Antar Bank Gratis

Transfer uang memang merupakan salah satu hal yang sering kita lakukan saat ini. Mulai dari mengirim uang ke keluarga, ke client hingga membayar barang yang dibeli melalui online shop. Jika bank tujuan yang ditransfer sama dengan yang kita miliki tentunya tidak akan menjadi masalah. Namun jika bank tujuan yang ditransfer berbeda, dengan berat hati kita harus merelakan biaya transfer yang saat ini berkisar Rp. 6.500,-.



Padahal dengan uang yang sama, kita bisa membeli makanan atau minuman ringan di minimarket. Inovasipun muncul, sekarang transfer uang antar bank bisa dilakukan secara gratis atau tanpa biaya. Caranya, dengan melalui aplikasi fintech bernama Flip.




Awalnya saya sempat ragu menggunakan aplikasi ini. Namun setelah melihat cara kerja dan ulasan-ulasan yang ada, saya beranikan diri mendaftar dan menggunakannya.

Pendaftaran dan Aktivasi


Aplikasi Flip bisa diunduh di Google PlayStore. Untuk mendapatkannya, anda cukup mengetikkan “Flip” di pencarian. Setelah aplikasi berhasil dipasang, anda harus mendaftar dan melakukan aktivasi dahulu sebelum bisa menggunakannya. Karena aplikasi ini merupakan aplikasi fintech yang berurusan dengan uang, pendaftaran memerlukan NIK dan foto KTP.

Selanjutnya, anda harus melakukan aktivasi akun. Uniknya, aktivasi akun bisa dilakukan melalui gerai-gerai Alfamart terdekat. Untuk melakukan aktivasi ini, anda cukup menyerahkan petunjuk di aplikasi Flip ke kasir Alfamart. Aktivasi melalui Alfamart sendiri hanya dikenakan biaya Rp. 4000 saja. Lebih murah bahkan daripada biaya sekali mengirim uang antar bank. Sekali aktif, anda tidak perlu melakukan aktivasi lagi.

Cara Kerja Flip Mengirim Uang Gratis


Sederhananya, cara kerja Flip adalah dengan menyediakan dana pengganti di bank tujuan transfer. Jadi, pengirim mengirim uang ke rekening bank milik Flip yang sama dengan pengirim. Kemudian Flip akan mengirimkan uang ke penerima melalui rekening bank yang sama dengan penerima.

Cara Kerja Flip.
Sumber : flip.id

Saat ini Flip memiliki sudah mendukung rekening bank berikut :
  • BANK BCA
  • BANK MANDIRI
  • BANK BNI
  • BANK BNI SYARIAH
  • BANK BRI
  • BANK SYARIAH MANDIRI
  • BANK CIMB NIAGA
  • BANK CIMB NIAGA SYARIAH
  • BANK MUAMALAT

Untuk melakukan transfer, anda cukup mengisikan rekening bank tujuan dan nominal. Pastikan nama penerima benar. Selanjutnya anda tinggal melakukan transfer ke rekening bank milik Flip yang sama dengan rekening bank anda.



Flip akan memberikan petunjuk beserta jumlah uang yang telah ditambahkan kode unik. Kode unik ini bisa anda cairkan nantinya jika kode unik telah terakumulasi sebanyak Rp. 10.000,-.

Setelah anda transfer ke rekening Flip, anda bisa mengupload bukti pengiriman. Tunggu beberapa saat untuk dikonfirmasi dan jika tidak ada masalah pengiriman anda akan diproses sesuai antrean. Selama saya mencoba mengirimkan uang dengan flip ini, waktu yang dibutuhkan untuk transfer terhitung sangat cepat, tidak lebih dari 1 jam uang sudah sampai di tujuan. Bahkan kadang 15 menit pun sampai. Namun perlu diperhatikan jika anda melakukan transfer di luar jam kerja Flip yaitu Senin-Jumat: 09.00-19.00 WIB dan Sabtu: 09.00-14.00 WIB atau hari libur, uang anda kan diproses di hari dan jam kerja berikutnya.

Pengiriman uang gratis dibatasi hingga 5 juta perhari. Selebihnya anda akan dikenakan biaya Rp. 2.500/transaksi. Jika dihitung kembali, biaya ini masih lebih murah daripada biaya transfer antar bank langsung.

Yuk, Pakai Flip




Tidak perlu diragukan lagi, aplikasi Flip ini saya rasa perlu sekali anda miliki. Apalagi bagi yang sering melakukan transfer uang antar bank. Hingga saya menulis review ini saja, saya telah menghemat uang transfer lebih dari Rp. 50.000,-. Flip benar-benar telah membantu saya untuk lebih berhemat dengan menghindari biaya kirim antar bank. Terima kasih Flip. Semoga saja daftar bank yang ditransfer bisa lebih diperbanyak, khususnya untuk transfer ke rekening fintech lain seperti Jenius atau digibank.