Memesan Tiket Bus Harapan Jaya di Pool Grogol Jakarta Barat

Pada posting sebelumnya saya telah menjelaskan alasan saya mengapa memilih naik bus (Harapan-Jaya) untuk pulang ke Ponorogo dari Jakarta dibandingkan dengan transportasi lainnya. Nah, kali ini saya akan menceritakan pengalaman membeli tiket bus Harapan Jaya untuk rute Jakarta (Pool Grogol) hingga Ponorogo tersebut.

Karena saya pulang tepat di akhir tahun yang notabene adalah peak season orang untuk bepergian, seminggu sebelum keberangkatan saya sudah berusaha mengamankan tiket bus untuk perjalanan pulang dari Jakarta ke Ponorogo.

Mencoba Memesan lewat Aplikasi

Awalnya, saya mencoba memesan tiket bus dengan menggunakan beberapa aplikasi yang terdapat di Play Store, siapa tahu kan dapat diskon dari pihak aplikasi. Namun sayang sekali saya tidak menemukan pilihan bus Harapan Jaya untuk rute ini. Sepertinya, sistem bus Harapan Jaya belum terkomputerisasi sehingga belum terdaftar di sistem aplikasi tersebut. Satu-satunya bus rute Jakarta – Ponorogo yang saya sempat lihat adalah bus GMS.

Sebenarnya bus GMS(Gajah Mulia Sejahtera) ini juga cukup bagus, namun pemberangkatanya dari Terminal Pulogebang yang letaknya jauh dari kost saya yang berada di Tomang. Selain itu, pemberhentian akhirnya pun di Terminal Seloaji Ponorogo, dimana saya harus naik angkutan umum lagi atau dijemput lumayan jauh untuk sampai rumah. Berbeda jika saya naik Harapan Jaya, saya bisa turun sangat dekat dengan rumah.

Memesan Langsung di Pool Grogol Jakarta Barat 

Setelah mencari informasi pool / agen pembelian tiket untuk bus Harapan Jaya, ternyata ada salah satu pool Harapan Jaya yang letaknya tidak jauh dari kost. Tepatnya berada di dekat perempatan Grogol Jakarta Barat seberang Halte Busway Jelambar. Lah, berarti selama ini sering saya lewati dong tempat ini.

Minggu pagi saya mencoba ke tempat tersebut untuk membeli tiket. Tempatnya lumayan bagus daripada pool Harapan Jaya di Bulakkapal, Bekasi yang pernah saya kunjungi. Terdapat beberapa kursi tunggu, ruangannya pun lumayan bersih dan ber-AC. Selain sebagai tempat pembelian tiket bus Harapan Jaya, di agen / pool ini ternyata juga terdapat agen bus lain yaitu Nusantara Bus.
 
Pool / Agen Bus Harapan Jaya Grogol, Jakarta Barat

Karena saya datang masih relatif pagi, agen/pool tersebut lumayan masih sepi. Saya langsung ke meja reservasi yang dijaga oleh satu orang mas-mas dan satu orang ibu-ibu. Karena si mas-mas terlihat sibuk, saya coba ngomong ke ibu-ibunya untuk pesan tiket tanggal sekian rute Jakarta sampai Ponorogo (Sambit) apa masih ada.

Si ibunya bilang “ Sebentar ya mas ”.

Si mas-mas yang duduk di sebelah ibunya kemudian langsung menyahut “ Kesini mas ”.

Saya langsung pindah kursi menghadap mas-masnya kemudian menanyakan hal yang sama.
Mas nya pun langsung tanggap dengan pertanyaan saya. Pas mau pulang, saya baru sadar kalau ibu-ibu tadi ternyata bukan ngurusi pembelian tiket tetapi ngurusi laporan penumpang dari sopir dan kondektur. (wkwkwkwk, mungkin wajah saya familiar dikira sopir bus.

Bisa Memilih Tempat Duduk

Setelah dicek. Alhamdulillah, ternyata masih ada dan masih sangat banyak tiket di hari yang saya inginkan. Masnya meminta nama saya dan no HP yang bisa dihubungi kemudian menuliskannya di tiket. Ketika masnya menuliskan nama saya pada kertas yang merupakan pembagian tempat duduk, awalnya saya diposisikan di tengah (aisle lah kalau pesawat), kemudian saya langsung celetuk

Mas, saya kalau dipinggir saja gimana?

Saya memilih pinggir dengan maksud agar lebih nyaman saja dan bisa menikmati pemandangan.

Window? Depan atau belakang? ” , tanyanya.

Karena saya agak trauma karena pernah naik bus (bukan Harapan Jaya sih sebenarnya) yang kaca depannya pecah akibat menghantam truk molen, saya pun menjawab

Jangan paling depan pokoknya ”.

Akhirnya masnya mencoret nama saya dan menuliskan kembali di posisi 2D dimana posisi tersebut berada nomor dua dari depan dan paling pojok kanan. Sip, ini posisi yang memang saya sukai.

Harga Tiket dan Fasilitasnya 

Rute Harapan Jaya via Ponorogo yang saya naiki ini sebenarnya berawal dari Terminal Poris Plawad di Tangerang dan berakhir di Kota Blitar. Bus Harapan Jaya yang melewati Ponorogo sendiri hanya ada satu kelas yaitu kelas VIP. (Hmm, agak lebay sih namanya sebenanya, se-VIP apa saya coba wkwkwkkw).

Tiket Bus kelas VIP Harapan Jaya Jakarta (Grogol) – Ponorogo saya waktu itu dibanderol seharga Rp. 250,000. Relasi berbeda misalnya Terminal Poris – Madiun maka tarifnya berbeda pula walaupun tidak banyak. Bus VIP Harapan Jaya ini sudah dilengkapi :

  • Full AC
  • Audio
  • Bantal
  • Selimut 
  • Toilet 
  • Service Makan 2x
  • Reclining Seat
  • Seat 2-2 dengan total seat 34/38

Selain kelas VIP, sebenarnya masih ada kelas lainnya yang lebih tinggi yaitu kelas Eksekutif. Sementara kelas di bawahnya yaitu Patas dan Ekonomi. Dengan harga dan fasilitas seperti itu, saya rasa bus ini memang sangat bersaing apabila dibandingkan dengan naik kereta dimana dengan harga yang sama tidak mendapat fasilitas apa-apa selain AC.




Pembatalan Tiket

Saya awalnya tidak tahu bahwa tiket bus ini bisa dibatalkan. Namun pas baca ketentuan tiket yang berada di belakang ternyata bisa. Pembatalan hanya bisa dilakukan maksimal beberapa hari sebelum keberangkatan(saya lupa) dan dipotong denda, kalau nggak salah sama seperti kereta api yaitu 25%.

Tiket sudah di tangan, hati ini pun tenang bisa pulang dengan nyaman pada waktunya.

Tiket Bus Harapan Jaya VIP Jakarta - Ponorogo