Di Mana Ponorogo Itu? Lokasi Tepatnya beserta Akses Menuju Ke Sana

Bagi kebanyakan orang, saya yakin jika mendengar kata “Ponorogo” yang terlintas di pikiran pertama kali adalah “REYOG”. Seni kolosal ini memang unik dan cukup populer. Namun, ketika memikirkan di mana sebenarnya letak persis Ponorogo yang merupakan asal Reyog tersebut, banyak orang yang saya temui clue-less, bingung, tidak tahu lokasi Ponorogo itu di mana. Bahkan, beberapa orang sering salah mengasosiasikan kabupaten kelahiran saya ini dengan Kota Probolinggo yang letaknya jauh di Tapal Kuda Jawa Timur. Karena itu dalam posting ini saya mencoba menjelaskan dimana Ponorogo itu sebenarnya.



Ponorogo Kabupaten atau Kota?

Secara administratif Ponorogo merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur. Karena berbentuk Kabupaten, maka Ponorogo dipimpin oleh seorang Bupati.

Secara resmi tidak ada istilah Kota Ponorogo, namun untuk membedakan daerah urban dan rural Ponorogo, istilah Kota Ponorogo atau Kota Reyog ini biasanya merujuk ke daerah pusat kota yang meliputi Kecamatan Ponorogo beserta beberapa kelurahan di sekitar kecamatan kota tersebut( Kecaman Siman, Babadan dan Jenangan).

Peta Kabupaten Ponorogo.
(Toko yang tertera tidak berafiliasi dengan saya)

Lokasi Ponorogo di Mana?

Seperti penjelasan sebelumnya, Ponorogo terletak di Jawa Timur.
Nah, sekarang pertanyaanya Jawa Timur sebelah mana?

Jika ditarik garis lurus, Ponorogo terletak sekitar 160 km barat – selatan Kota Surabaya dan 80 km timur – selatan Kota Solo/Surakarta. Melalui perjalanan darat, jarak tempuh ke Kota Surabaya biasanya memakan waktu 5-6 jam, sedangkan untuk ke Kota Solo memakan waktu sekitar 4 jam. Jika tidak ada Gunung Wilis yang memisahkan, Ponorogo hanya berjarak 50 km di sebelah barat Kota Kediri di mana Pabrik Rokok Gudang Garam berada.




Apabila Anda tahu Kota/Kabupaten Madiun, kota dimana terdapat pabrik kereta api INKA, letak Kabupaten Ponorogo bersebelahan dengan Kota/Kabupaten ini di selatan. Jika Anda tahu Pacitan, Kabupaten dimana banyak pantai indah dan juga tempat lahir Presiden Indonesia ke-6 , SBY, Ponorogo adalah salah satu kabupaten yang kemungkinan besar Anda lewati untuk menuju ke sana.

Ponorogo termasuk dalam eks-Karesidenan Madiun yang meliputi Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Magetan dan Kabupaten Ngawi. Kota dan Kabupaten yang masuk dalam eks-karesidenan ini memiliki plat nomor kendaraan yang sama yaitu AE .

Perbatasan Ponorogo

Kabupaten Ponorogo dikelilingi oleh pegunungan di bagian selatan, timur dan barat. Hanya bagian utara yang berbatasan dengan Kabupaten Madiun dan sedikit Kabupaten Magetan yang daerahnya relatif datar dan akses jalannya mudah. Sementara untuk daerah timur berbatasan dengan Kabupaten Kediri dan Trenggalek. Walaupun begitu, jalan utama yang tersedia lumayan bagus hanyalah jalan provinsi menuju Trenggalek.

Perbatasan Ponorogo - Madiun (pic : satenpo)
Sementara di balik pegunungan selatan, terdapat Kabupaten Pacitan dimana akses jalannya sering longsor sehingga membuat kabupaten Pacitan ini terisolasi. Sedangkan di Barat, uniknya, Ponorogo berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri dimana hal ini menyediakan jalan pintas bagi Ponorogo untuk menuju ke Jawa Tengah.

Budaya Ponorogo

Letak Ponorogo beserta eks-karesidenan Madiun lainnya yang lebih dekat ke Solo daripada Surabaya menyebabkan budaya dan bahasa Jawa Mataraman lebih dominan di Kabupaten ini. Orang-orangnya cenderung lebih halus dan tidak se-frontal seperti orang-orang yang ada di sekitar Surabaya.

Walaupun demikian, Ponorogo memiliki kebudayaan sendiri yang membedakan nya dengan daerah Mataraman lain yaitu budaya Panaragan yang salah satunya adalah seni Reog.

Walaupun lebih dekat ke Solo, namun secara ekonomi Ponorogo condong lebih ke Surabaya, terbukti banyaknya orang Ponorogo yang merantau di Kota tersebut dan tiap harinya banyak hilir-mudik ke Surabaya dengan naik bus atau kendaraan pribadi.

Akses / Cara Menuju ke Ponorogo

Mungkin inilah yang menjadi salah satu kelemahan Ponorogo, yaitu aksesnya memang tidak terlalu mudah. Ponorogo tidak dilewati oleh Jalan Nasional yaitu Jalan Nasional antara Surabaya – Solo. Dari jalan utama ini yang melewati Madiun, Anda perlu berbelok ke Selatan untuk mencapai Ponorogo.

Tidak ada kereta api yang melewati Ponorogo. Stasiun terdekat adalah Stasiun Madiun di Kota Madiun. Dulu sebenarnya ada jalur sempalan dari Madiun hingga Slahung, Ponorogo, namun saat ini kondisinya relnya sudah tidak aktif tertimbun perumahan dan pertokoan warga.

Karena wilayah eks-karesidenan Madiun adalah kawasan udara militer terbatas di Indonesia (Lanud Iswayudi), tidak ada penerbangan komersial yang melewati daerah ini apalagi mendarat disini. Jika ingin naik pesawat, maka harus memilih untuk naik dari Solo atau Surabaya.

Dengan demikian, satu-satunya transportasi umum yang bisa diandalkan hingga sampai Ponorogo adalah Bus.

Ponorogo (pic credit to the owner)
Oke, itu beberapa penjelasan saya mengenai di mana Ponorogo itu berada. Memang lokasi Ponorogo ini tidak sestrategis kota-kota lainnya. Namun dengan segala potensi yang ada dan modal budayanya yang kuat, saya yakin Ponorogo akan terus berkembang.